Jadi “Team Work”, Mahasiswa Magang FUKIS IAIM Ikuti Sosialisasi UU Perkawinan

SINJAI, iaimsinjai.ac.id—Mahasiswa magang Fakultas Ushuluddin dan Komunikasi Islam (FUKIS) Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Sinjai menyelesaikan program magangnya di Kantor Urusan Agama (KUA) Sinjai Utara.

Selesainya program magang mahasiswa IAIM Sinjai di KUA ini, ditandai dengan berpartisipasinya mereka dalam program sosialisasi tentang pelaksanaan undang-undang perkawinan No 16 tahun 2019, pencatatan perkawinan berbasis web PMA No 20 tahun 2019 dan upaya pencegahan KDRT dan perlindungan anak.

Dalam kegiatan sosialisasi ini, masing-masing materi ini dibawakan oleh Kepala Pengadilan Agama Sinjai, Kepala KUA Sinjai Utara, Agussariman, S.Pd.I. dan materi upaya pencegahan KDRT dan perlindungan anak dibawakan oleh Kadis DP3AP2KB Kabupaten Sinjai.

Dari keterangan salah satu mahasiswa magang Ummul Khaera, mengatakan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik atas dukungan dari Kepala KUA Sinjai Utara, Agussariman, S.Pd.I. dan difasilitasi oleh Lurah Balangnipa Kecamatan Sinjai Utara, Muh. Azharuddin Al Anshary, S.STP.

“Sosialisasi terkait UU No 16 THN 2019 tentang batas umur minimal pernikahan, pencatatan perkawinan dengan sistem online, dan upaya pencegahan KDRT dan perlindungan anak adalah merupakan hal yang aktual yang dihadapi oleh masyarakat,” kata kepala KUA Sinjai Utara.

Dirinya juga menambahkan sosialisasi seperti ini penting, sehingga perlu pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan memenej rumah tangga dengan ketahanan keluarga dan yang terkait dengannya sehingga dengan sosialisasi ini dapat meminimalisir hal-hal negatif ditengah-tengah masyarakat.

Hadir dalam kegiatan ini kepala lingkungan, imam lingkungan, RT, RW, dengan narsum dari Pengadilan Agama, DP3AP2KB Sinjai, KUA yang diharapkan dapat meminimalisir masalah-masalah yang ada dan dapat mentransformasi kebutuhan masyarakat disektor keagamaan.

Humas IAIMS

Leave a Reply