Mahasiswa KPI IAIM Study Banding, Kunjungi UPEKS, Celebes TV dan Koran Harian Fajar

MAKASSAR, iaimsinjai.ac.id—Mahasiswa Program studi komunikasi dan penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin dan Komunikasi Islam (FUKIS) Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Sinjai melakukan kunjungan studi yang bertempat di EPUKS. Selasa, (14/12) kemarin.

Muhlis S.Kom.I., M.Sos.I. selaku dosen pengampu mengatakan bahwa ini adalah sebagai bentuk penguatan ilmu mata kuliah hukum dan etika media massa semester V, agar mahasiswa kedepanya lebih memahami terkait dengan dunia jurnalitik.

Selain itu, dirinya menyapaikan bahwa dalam kunjungan studi ini ada 3 tempat yang akan di kunjungi di antaranya Ujungpandang ekspres (UPEKS), Celebes TV, dan koran harian fajar yang notabene merupakan media ternama yang ada di Sulawesi.

Sementara Pimpinan Harian Ujung Pandang Ekpres, Dr. Rusli Siri, MM., menjelaskan bahwa data dan fakta merupakan pegangan jurnalis dalam menurunkan sebuah berita.

“Berita yang sesuai fakta dan diperkuat oleh data yang berimbang adalah kekuatan hukum. Wartawan dalam menjalankan profesinya juga diikat oleh etika. Sehingga, barangsiapa yang melenceng dari etika dan aturan juga bisa dipidana,” katanya.

Selain itu ia menyampaikan bahwa UPEKS sudah tersebar dibeberapa kabupaten kota, termasuk Sulawesi barat, dan sebagian wilayah Sulawesi tenggara. Ada 3 platfrom yaitu online, cetak, dan podcast.

“Dalam penulisan juga, harus sesuai fakta dan kejadian real, sehingga informasi – informasi yang didapatkan harus melalui cek dan ricek terlebih dahulu,” pesan Dr. Rusli Siri, MM., kepada mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIM.

Humas IAIMS

Leave a Reply