Kolaborasi dengan RDS, Mahasiswa KKNP di Desa Kompang Sukses Gelar Kegiatan Literasi

SINJAI, iaimsinjai.ac.id—Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Profesi (KKNP) Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Sinjai di Desa Kompang, Kecamatan Sinjai Tengah sukses menggelar Kegiatan Literasi sebagai salah satu program kerja kelompoknya. Rabu, (16/03) kemarin.

Kegiatan Literasi dengan mengusung tema “Mengembangkan Potensi Literasi melalui Kelas Berhitung Cepat dan Mendongeng” juga menggandeng founder Rumah Dongeng Sinjai (RDS) Mirfyani Mirsal sebagai fasilitator dikegiatan ini.

Khaerunnisa, salah satu mahasiswi KKNP ini menjelaskan jika kegiatan ini bertujuan meningkatkan minat literasi kepada generasi muda di Kabupaten Sinjai, khususnya di Kecamatan Sinjai Tengah dan terlebih lagi kepada pelajar yang ada di sekolah.

“Rangkaian kegiatan kelas literasi yaitu mendongeng, kelas berhitung cepat dan lapak baca, ini juga dirangkaikan dengan penutupan program kerja individu mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yaitu penataan ruang kelas,” katanya.

Dari keterangan yang diterima media, pelaksana program ini mengadakan Kelas Literasi di SD Negeri 65 Kompang. Kelas literasi tersebut diawali dengan dongeng, lapak buku dan teknik berhitung cepat.

“Sebagai fasilitator, kita membawakan dongeng fabel kisah Kucing Kecil Pemalas. Anak anak begitu gembira dan antusias menyimak cerita yang juga menyebutkan sedikit cerita tentang bukit Pattontongan dan Bulu Saukang,” terang Founder RDS, Mifryani Mirsal.

Usai mendongeng Founder RDS, Mirfyani Mirsal memberikan tips mengerjakan perkalian dengan cara cepat dan menyenangkan untuk anak anak kelas 4, 5 dan 6 sedangkan anak-anak kelas 1, 2 dan 3 membaca buku di halaman sekolah.

“Kegiatan ini juga didampingi Bapak/Ibu guru dan mahasiswa KKNP Desa Kompang. Anak anak begitu senang, buku buku koleksi TBM Rumah Dongeng Sinjai menjadi rebutan untuk dibaca, kami berterima kasih juga kepada semua pihak yang berkontribusi menyukseskan kegiatan ini,” tutup Khaerunnisa.

Humas IAIMS

Leave a Reply