Diskusi HUT SJ 5 Tahun, DEMA IAIM: Literasi Menjadi Suplemen Utama Bagi Mahasiswa

SINJAI, iaimsinjai.ac.id— Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) Media Suara Jelata yang ke 5 tahun, Bidang literasi Media Suara Jelata, menggelar diskusi literasi dengan tema “Apa Kabar Literasi di Kabupaten Sinjai”. Sabtu, (13/11/2021).

Kegiatan ini menghadirkan 4 narasumber dalam hal ini Kepala Perpustakaan dan Arsip Sinjai, Dr. Mansyur, Ketua Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Sinjai, Mirfayani Mirsal.

Lainnya, Ketua Dewan Pengawas Mahasiswa (DPM) Universitas Muhammadiyah Sinjai (UMSi), Ikhsan Akbar dan Presiden Mahasiswa (Presma) Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Sinjai, Astidar yang diwakili oleh Suandi selaku Menluka DEMA.

Dalam pelaksanaannya, Kepala Dispusip Sinjai, Dr. Mansyur, membawakan materi Literasi dan Kebijakan Daerah. Sementara Ketua FTMB Sinjai, Mirfayani Mirsal, membawakan materi Advokasi Kebijakan Melalui Literasi.

Ketua DPM UMSi, Ikhsan Akbar membawakan materi peran Mahasiswa Dalam Literasi di Kabupaten Sinjai. Lainnya, perwakilan DEMA IAIM Sinjai membawakan materi Efektifitas Mahasiswa Beriliterasi.

Pada kesempatan ini Suandi yang merupakan Menteri Luar Kampus Dewan Eksekutif Mahasiswa IAIM Sinjai mewakili Presmanya menjelaskan banyak hal tentang pentingnya literasi bagi pemuda terutama mahasiswa.

Dikatakan Suandi, pohon dapat tumbuh subur jika diberi pupuk yang cukup sebagai asupan nutrisi terbaik. Pemberian pupuk yang cukup dan rutin mampu menjaga kekuatan pohon hingga ke akarnya. Kekokohan akar pohon dapat mencegah tumbangnya pohon yang diterpa angin.

Begitu pula dikatakannya yang terjadi hubungan antara mahasiswa dan dunia literasi. Literasi menjadi suplemen utama bagi mahasiswa untuk mengembangkan daya nalar, pola pikir, dan kekritisannya.

“Literasi yang terus dibudayakan mampu membuat produktivitas mahasiswa meningkat. Selain itu, budaya literasi yang telah mendarah daging dapat dijadikan pijakan kuat hingga terhindar dari seleksi kehidupan yang semakin kompleks,” jelasnya.

Dari pantauan media, kegiatan ini tampak dihadiri puluhan peserta yang didominasi kaum milenial yang ada di Kabupaten Sinjai. Selain ke-empat narasumber dan moderator yang membersamai peserta, juga hadir Pimpred Suara Jelata, Muh Izhar, S.Ip.

Humas IAIMS

Leave a Reply