Pelatihan Jurnalistik Diikuti 48 Mahasiswa KPI IAIM Sinjai, Ini Pesan Dekan FUKIS

SINJAI, iaimsinjai.ac.id—Dekan Fakultas Ushuluddin dan Komunikasi Islam (FUKIS) Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Sinjai, Suriati membuka Pelatihan Jurnalistik yang diikuti sebanyak 48 mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) bertempat di Auditorium H. M. Amir Said. Selasa, (16/11) pagi.

Pelatihan yang melibatkan tiga lembaga ini, yakni Pimpinan Daerah (PD) Pemuda Muhammadiyah Sinjai, Prodi KPI IAIM dan Dinas Kominfo dan Persandian Sinjai merupakan hasil tindaklanjut dari kerjasama dari masing-masing lembaga.

Hal ini pun disambut baik dan diapresiasi oleh Dekan FUKIS, Suriati, dengan adanya kegiatan ini, sebagai bentuk kolaborasi hasil tindaklanjut kerjasama. Menurutnya kegiatan ini sifatnya pengembangan skill mahasiswa.

“Kita patut bersyukur dan mengapresiasi kegiatan ini, yang harusnya berbayar tapi karena adanya kerjasama ini, kegiatan ini gratis dan bisa diikuti oleh mahasiswa. Kegiatan ini juga untuk membekali skill bagi mahasiswa sebelum keluar nantinya sebagai alumni KPI IAIM Sinjai,” kata Suriati.

Melalui sambutannya, Dekan FUKUS juga mengajak kepada mahasiswa KPI untuk mampu berpikir komprehensif dan kritis, dalam artian tidak sembrono dalam menyajikan dan mengkonsumsi sebuah berita. Selain itu, dikatakannya mahasiswa juga diinginkan untuk kreatif dalam meningkatkan percaya dirinya.

Sementara itu Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Sinjai, Muhlis, menyampaikan program Pelatihan Jurnalistik ini awalnya dilatar belakangi dengan maraknya berita hoax yang bersiliweran ditengah-tengah masyarakat, sehingga pihaknya menjemput program ini di Dinas Kominfo.

“Program pelatihan ini pada intinya untuk pemuda yang ada di Sembilan kecamatan di Sinjai, akan tetapi dengan berbagai pertimbangan dan diskusi yang panjang, kita alihkan ke kampus IAI Muhammadiyah Sinjai yang memiliki Prodi KPI dan banyak pengurus serta kader kita disini,” katanya.

Ditempat yang sama, Ketua Prodi KPI, Faridah melaporkan ada sebanyak 48 mahasiswanya yang mengikuti kegiatan ini, dengan rincian 16 orang dari semester III, 17 orang dari semester V, dan 15 orang dari semester VII.

“Atas nama Prodi menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kegiatan ini. Tujuan kegiatan ini untuk pengembangan mahasiswa Prodi KPI, sebelum menjadi keluaran IAIM Sinjai yang memiliki skill dan mampu kompetitif diluar,” katanya.

Tidak hanya itu, dari keterangan yang diberikan Faridah, ada dua pemateri yang kompeten dalam dunia pers dihadirkan oleh penyelenggara dikegiatan ini, yakni Sirajuddin jurnalis Koran Harian Fajar dan Muhammad Salih salah satu Jurnalis Kompas TV.

Rencananya puluhan peserta ini bakal disuguhkan beragam materi Kejurnalistikan, sebut saja menggali ide/gagasan dan sumber berita, teknik penulisan berita, penulisan feature, penulisan reportase, press release, opini, bahasa jurnalistik, app multimedia, teknik foto dan video, materi lapangan dan kunjungan ke redaksi media.

Kegiatan pembukaan yang dihadiri oleh Civitas Akademika FUKIS IAIM Sinjai, rencananya bakal berlangsung hingga 18 November 2021 mendatang dan dipusatkan di Auditorium H. M. Amir Said IAIM Sinjai lantai III.

Humas IAIMS

Leave a Reply