Maklumat Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, IAIM Sinjai Lakukan Salat Gerhana Bulan Sebagian

SINJAI, iaimsinjai.ac.id—Civitas akademika Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Sinjai melaksanakan Salat Gerhana Bulan Sebagian pada Jum’at, (19/11) kemarin selepas shalat Maghrib di Masjid Darul Ilmi IAIM Sinjai, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

Kegiatan yang dikoordinatori oleh Lembaga Al Islam dan Kemuhammadiyahan (LAIK) IAIM ini hasil dari surat edaran Maklumat Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Hal itu dijelaskan Imam Zarkasy Mubhar, selaku Kepala LAIK IAIM.

Dirinya menyebut, pelaksanaan salat gerhana ini atas adanya surat himbauan pimpinan dan warga Muhamamdiyah untuk melaksanakan Ibadah Shalat Gerhana Bulan (Salat Khusuf) serta melakukan pengamatan gerhana bulan.

Dalam isi edaran tersebut, Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengumumkan bahwa pada hari Jum’at, 14 Rabiulakhir 1443 H bertepatan dengan 19 November 2021 M, sebagian wilayah Indonesia, mulai Yogyakarta kearah Timur sampai Papua akan mengalami gerhana bulan sebagaian.

“Menanggapi hal ini kita di IAIM Sinjai, mengintruksikan untuk melakukan salat gerhana ini sebagai pengajaran untuk kita semua bahwa peristiwa astronomi ini merupakan tanda-tanda kebesaran Allah SWT,” kata Imam Zarkasy.

Diketahui, sejumlah peristiwa Gerhana Matahari telah terjadi di Indonesia, baik gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, gerhana matahari cincin, gerhana bulan total maupun gerhana bulan sebagian.

Menurut Kepala LAIK IAIM Sinjai, peristiwa dan fenomena seperti ini harus disikapi secara ilmiah dan dituntunkan untuk berzikir melalui salat gerhana.

Humas IAIMS

Leave a Reply