HIMAPRODI PAI Gelar Kajian Pendidikan, Bahas Peran Guru di Era New Normal

SINJAI, iaimsinjai.ac.id—Pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi (HIMAPRODI) Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Sinjai kembali menggelar kajian Pendidikan.

Diikuti sejumlah mahasiswa PAI dan Pengurus Kajian Pendidikan tersebut dilaksanakan di Sekretariat HIMAPRODI PAI, Jalan Bulu Manyurung, Kelurahan Bongki, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Senin (22/11/2021) sore.

Dengan mengangkat tema “Problematika dan Solusi Pembelajaran Jarak Jauh dan Tatap Muka Terbatas Di Era New Normal” Sekertaris Prodi PAI IAIM Sinjai, Nurhayati, S.Pd.I., M.Pd.I.  menjadi pembicara pada Kajian tersebut.

Menurutnya dalam proses pembelajaran hal yang paling penting adalah bagaimana peran guru dalam memberikan dan menerapkan sistem pembelajaran yang lebih efektif di era sekarang ini

“Guru merupakan ujung tombak dalam proses pembelajaran yang menerapkan sistem PPJ dan Pembelajaran tatap muka terbatas. Karena kondisi dan situasi yang berbeda sehingga efektif tidaknya suatu proses pembelajaran tergantung sistem yang terapkan oleh seorang pendidik,” katanya.

Lanjut dari para itu ia juga menyampaikan bahwa salah satu faktor penunjang dalam proses pembelajaran adalah bagaimana seorang guru bisa membangun komunikasi yang sehat/baik dalam proses pembelajaran.

“Pola komunikasi antara pendidikan dan peserta didik juga merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan dalam proses belajar mengajar di sekolah karena efektif tidaknya kita dalam proses pembelajaran adalah tergantung bagaimana hubungan komunikasi yang diterapkan dalam proses pembelajaran,” tambahnya.

Ditempat yang sama Ketua Umum HIMAPRODI PAI, Jukarlianto menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi di Himpunan dengan Mahasiswa biasa di Lingkup PAI sekaligus sebagai wadah menambah wawasan keilmuan. (Rls HIMAPRODI PAI)

Humas IAIMS

Leave a Reply