Dosen IAIM Sinjai Menjadi Narasumber di Workshop Publikasi Jurnal Ilmiah UINSI Samarinda

SAMARDINA, iaimsinjai.ac.id—Bertempat di Hotel Grand Sawit Samarinda, Jalan Basuki Rahmat Pascasarjana UINSI Samarinda gelar Workshop Publikasi Jurnal Ilmiah yang dihadiri sekitar 30 peserta dari berbagai Program Studi di lingkungan Pascasarjana. Kegiatan tersebut menghadirkan dua narasumber yakni Bapak Dr. Made Saihu, M.Pd.I. (Institut PTIQ Jakarta) dan Dr. Safaruddin, M.Pd.I. (Dosen IAIM Sinjai). Rabu, (08/06) kemarin.

Acara Workshop diawali dengan sesi pembukaan, dalam laporaanya Bapak Dr. Moh. Salehudin, M.Pd.I. selaku ketua panitia menyampaikan  bahwa kegiatan tersebut bertujuan agar peserta mampu mempublikasikan artikel yang dibuat dan mendapatkan pengalaman dan latihan cara melakukan publikasi artikel serta mahasiswa Pascasarjana dapat memberikan kontribusi besar kepada ilmu pengetahuan dan kegiatan akademik sesuai dengan bidang yang diminati.

Kegiatan tersebut disambut baik oleh Direktur Pascasarjana UINSI Samarinda bapak Dr. H. M. Tahir, S.Ag., M.M. dalam sambutannya beliau mengucapkan selamat datang di kota Samarinda dan di UINSI Samarinda kepada kedua narasumber yang akan berbagi llmu serta menitip harapan.

“Semoga pelaksanaan kegiatan ini bermanfaat bagi pascasarjana dalam meningkatkan publikasi dosen dan mahasiswa serta adanya peningkatan sitasi dosen maupun mahasiswa khususnya dosen pascasarjana UINSI Samarinda untuk menunjang akreditasi program studi yang ada di Pascasarjana,” katanya.

Acara selanjutnya yakni pemaparan materi oleh Bapak Dr. Made Saihu, M.Pd.I. (Institut PTIQ Jakarta) terkait: 1. Dasar-dasar pada Naskah, Publikasi dan tentang Sitasi, 2. Ketentuan Naskah di Jurnal Nasional terakreditasi, 3. Memilih Publikasi Jurnal Ilmiah pada Jurnal Nasional dan Internasional. Selaku penulis handal beliau tak lupa berbagi tips bagaimana memilih peluang terbitnya tulisan pada berbagai jurnal.

Selain itu panitia workshop juga menghadirkan Dosen dari IAIM sinjai sekaligus pengelola dan pemilik di berbagai jurnal ilmiah yakni bapak Dr. Safaruddin, M.Pd.I yakni menyampikan materi terkait 1. Template Jurnal dan cara Submit, 2. Mempelajari jurnal dan peluang terbit, 3. Pengelolaan Jurnal (tugas editor dan reviewer).

Humas IAIMS

Leave a Reply