Ketua Prodi Komunikasi IAIM Sinjai, Berikan Kultum Arti Pertemanan dalam Islam

SINJAI, iaimsinjai.ac.id—Ketua Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin dan Komunikasi Islam (FUKIS) Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Sinjai, Faridah, S.Kom.I, M.Sos.I mengisi Kuliah Tujuh Menit (Kultum) di Mesjid Darul Ilmi IAIM Sinjai. Senin, (31/10/2022).

Faridah, S.Kom.I, M.Sos.I, dalam isi kultumnya menyampaikan bahwa bagaimana kita dimasa depan, dapat dilihat dari buku yang kita baca, dengan siapa kita bergaul. Hal ini, kata Faridah menggambarkan penting arti pertemanan bagi seseorang.

Tak hanya itu ia menjelaskan bahwa Allah Swt. Telah menyampaikan bahwa manusia adalah mahluk sosial, yang terdapat dalam surah Qur’an Al-Hujurat ayat 13, bahwa Allah SWT menciptakan manusia dengan berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar mereka saling mengenal namun yang paling mulia di sisi Allah adalah yang bertakwa.

“Silahkan kita boleh mengenal semua orang dan siapa pun itu tetapi kita sebaiknya selektif dalam memilih teman karena teman itu bisa mengantarkan kita ke Syurga atupun sebaliknya menarik kita ke jurang Neraka,” katanya.

Dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim disampaikan tentang perumpamaan kawan yang baik dan yang buruk adalah seperti penjual minyak wangi dan pandai besi.

“Penjual minyak wangi paling sedikit akan menularkan wanginya ke kita tetapi pandai bisa bisa menyipratkan apinya membuat kita kepanasan,” tuturnya. Lebih lanjut dihadapan jamaah, Faridah menegaskan untuk bijak dalam memilih lingkungan.

“Demikianlah sehingga kita sebaiknya cerdas dan bijak memilih teman yakni teman yang sevisi dan seperjuangan dengan kita menggapai SyurgaNya,” tegasnya.

Seperti diketahui, Kultum setiap selesai shalat Duhur merupakan program Lembaga Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang dengan bergantian diisi oleh masing-masing Fakultas dan Pascasarjana dengan materi yang berbeda-beda.

Humas IAIMS

Leave a Reply