Visitasi Alih Bentuk IAIM Sinjai Menjadi Universitas Islam Ahmad Dahlan

SINJAI, iaimsinjai.ac.id—Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Sinjai sebentar lagi akan berubah bentuk menjadi Universitas Islam Ahmad (UIAD) Sinjai. Hal tersebut ditandai dengan dilakukannya Visitasi Alih Bentuk dari Institut menjadi Universitas diruang senat IAIM. Selasa, (06/12/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia yang mengirim tim melakukan Pendampingan Asesmen Lapangan (AL) Transformasi Institut mejadi Universitas.

Tim tersebut terdiri dari, Dr. Thobib Al Asyhar (Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama), Dr. A. Rafiq Zainul Mun’im, M.Fil.I (Sub Koordinator Bina Kelembagaan Swasta), Ahmad Mahfud Arsyad, M.Ag (Sub Koordinator Penjaminan Mutu Kelembagaan) dan Farhatin Ladia, S.Sos., M.Si (Sub Koordinator Bina Kelembagaan Negeri).

Melalui sambutannya, Ketua Badan Pembina Harian (BPH) IAIM Sinjai, Drs. H. Zainuddin Fatbang menceritakan sejarah kampus biru julukan IAIM Sinjai sehingga menjadi Institut hingga sekarang yang sebentar lagi bakal beralih bentuk menjadi Universitas.

Dirinya bercerita, terdorong untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, mulai dari tahun 1967 (25 tahun) sudah merintis perguruan tinggi, “Dengan memberikan guru-guru SD kita Pendidikan gratis. Kemudian pada tahun 1976 kita baru mendapat izin operasional dari Kementerian Agama,” katanya.

Tidak hanya itu, melalui kesempatan tersebut, Ketua BPH IAIM Sinjai menyampaikan latar belakang yang di amanahkan di Badan Pembina Harian (BPH) IAIM Sinjai terdiri dari purnawirawan Sekda Sinjai, juga ada dari Ketua MUI Sinjai dan Tokoh masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Muhammadiyah.

“Jadi betul-betul, perguruan tinggi kita ini adalah kerjasama dari Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Sinjai seutuhnya dan keberadaan Universitas Islam di Sinjai ini sudah lama di idam-idamkan oleh masyarakat Sinjai, apalagi Sinjai dikenal dengan Bumi Panrita Kitta atau penghafal Qur’an,” tutur mantan Sekda Sinjai ini.

Hadir dalam kegiatan ini, Rektor IAIM Sinjai, Dr. Firdaus, M.Ag., Wakil Rektor I, II, III, Direktur Pascasarjana, Dekan FTIK, Dekan FUKIS, Dekan FEHI, Kaprodi, Sekretaris Prodi, Pegawai Biro dan Ketua Lembaga se-IAIM Sinjai.

Humas IAIMS

Leave a Reply