Perluas Kerjasama, 2 Prodi IAIM Sinjai MoU dengan MBS FEBI UINAM

Bank Mini Syariah Fak. Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar

Makassar. Tak lama setelah pelaksanaan kegiatan Wisuda sarjana di IAIM Sinjai,  tak ada istilah istirahat dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan kualitas mutu mahasiswa IAIM Sinjai, hal ini terlihat dari keseriusan 2 prodi yang berada di IAIM Sinjai (Prodi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah) yang kembali melaksanakan MoU (Memorandum of Understanding) bersama Mini Bank Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar tepatnya pada tanggal 15 Agustus 2019 M.

Ditemui langsung oleh Kepala Mini Bank Syariah Ibu Hj. Eka Suhartini, S.E., M.M. bertempat di Gedung Bank Mini Syariah FEBI UINAM, menyambut hangat dan baik kedatangan Jajaran Fak. Ekonomi dan Hukum Islam yang diwakili oleh Muhammad Ikbal, S.Pd., M.Pd. (Kaprodi Ekos), Abd. Muhaemin, S.E., M.Ak. (Kaprodi Perbankan Syariah), Salam, S.E., M.M (Sek. Prodi) dan Abd. Rahman, S.E., M.E. (Ketua Koperasi IAIM Sinjai). Kerjasama ini kedepan akan lebih bisa ditingkatkan dalam hal pengembangan ilmu ekonomi dan perbankan syariah khususnya, terlebih lagi Mini Bank ini bisa dipakai sebagai persiapan alumni di industri keuangan dan digunakan oleh kampus sebagai unit pengelolaan keuangan, ungkap Muhammad Ikbal.

Beberapa bentuk kerjasama yang dirancang dalam pertemuan ini, diantaranya dalam hal pendidikan pembuatan modul pembelajaran tentang ekonomi dan perbankan syariah sedangkan untuk praktikum pihak MBS UINAM menawarkan software mini bank. Selain itu pihak Kepala MBS menyampaikan bahwa hadirnya laboratorium perbankan dalam kampus akan membantu menyiapkan sumber daya manusia (SDM) dengan kompetensi sebagaimana dibutuhkan industri perbankan syariah. “Kami sepakat membantu pihak kampus menghadirkan laboratorium perbankan syariah sebagai sarana praktik bagi mahasiswa FE di kampus tersebut,”. Ungkapnya. Muhaemin menjelaskan bahwa kita berharap suatu saat kampus bisa melakukan hal yang sama dengan mengadakan laboratorium perbankan sehingga dosen dan civitas academica bisa mempelajari praktik perbankan syariah. M.Elqhy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *