20 Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIM Sinjai Siap Magang Luar Negeri

Sinjai. Memasuki Tahun Akademik 2019/2020 Program Studi Ekonomi Syariah menargetkan untuk memberangkatkan mahasiswanya mengikuti magang luar negeri. Sebagai salah satu bentuk kegiatan di luar perkuliahan untuk memperlihatkan kegiatan perekonomian dan memberikan pengalaman kepada mahasiswa itu sendiri bagaimana sistem perekonomian yang dilakukan di luar negeri.

Ketua Prodi Ekonomi Syariah, Muhammad Ikbal menjelaskan bahwa negara yang akan dituju dalam pelaksanaan Magang Luar Negeri ini adalah Malaysia. Sasaran lokasi kegiatan magang ini dengan mengunjungi beberapa lembaga pendidikan, pusat perdagangan dan bisnis serta tempat-tempat perekonomian yang berbasis syariah yang ada di Malaysia. Apalagi Malaysia sendiri tercatat sebagai Negara pertama yang memperkenalkan sistem perekonomian dan perbankan syariah di Asia Tenggara yang memberikan dampak besar terhadap perekonomian keuangan malaysia, tercatat aset keuangan syariah malaysia mencapai 20% dari total aset keuangan nasional Malaysia sehingga inilah alasan mengapa Malaysia menjadi tujuan utama. lanjut pak Ikbal.

Pengurusan Passport Mahasiswa di Kantor Imigrasi Makassar

Dari data mahasiswa terakhir yang mendaftarkan diri ada sekitar 20 orang mahasiswa yang sementara ini mengajukan diri untuk mengikuti program magang tersebut. Langkah awal yang dilakukan oleh mahasiswa adalah mempersiapkan passport keberangkatan ke luar negeri dan kartu mahasiswa atau keterangan aktif kuliah dari kampus. Salah satu dari mahasiswa yang akan berangkat, Yuli Astina mengatakan sudah setahun yang lalu program ini disampaikan oleh kaprodi bahwa akan ada program magang luar negeri,  jadi sejak itu kami berusaha untuk bisa menabung untuk dapat mengikuti magang tersebut. Harapan saya dan teman-teman magang ini bisa memberikan pengalaman dan membuka jalur serta jaringan kerjasama dalam rangka pemberdayaan mahasiswa dan alumni prodi ekonomi syariah kedepan.

Rencananya kegiatan magang ini akan dilaksanakan setelah pelepasan mahasiswa magang lokal pada tanggal 24 september 2019 yang terlebih dahulu diadakan pembekalan bersama setelah itu barulah persiapan pelepasan mahasiswa magang internasional pada awal bulan Oktober 2019. Berdasarkan data mahasiswa yang ada, target mahasiswa yang akan mengikuti magang secara keseluruhan kurang lebih sekitar 130 orang mahasiswa program studi ekonomi syariah yang akan tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan termasuk Kota Makassar. M.Elqhy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *