Pelatihan Tahsin Qiraah Al-Qur’an Prodi IAT Diharapkan Mendorong Program Keagamaan Pemda Sinjai

Sinjai – Dalam usaha peningkatan kualitas mahasiswa IAIM sinjai khususnya program studi Ilmu Al Quran dan Tafsir, dilakukan program pembinaan bacaan Al-quran secara langsung melalui pelatihan tahsin qiraah al qur’an yang dibimbing oleh Ustadz Muhammad Sulkarnain Mubhar M.Th.I, bertempat di Pesantren Al-Amin Macconggi, Kajuara. Kamis, 7/11/2019

Ketua prodi Ilmu Al quran dan Tafsir, Kusnadi, Lc.,M.Pd.I dalam sambutannya mengatakan bahwa “pelatihan tahsin ini pada hakikatnya adalah pelatihan yang bersanad, karena 7 jenis qiraah yang disepakati oleh ulama pada dasarnya adalah qiraah yang bersanad sehingga pada hari ini juga kami sengaja mengundang ustadz zulkarnain sebagai pemateri karena beliau telah memahami sanad riwayah hafs.

Lebih lanjut Kusnadi mengemukakan jika pelatihan ini sangat penting dalam memahami dan cara membaca dengan baik, sebab dalam mempelajari al quran bukan hanya mengenai penyebutan huruf semata, tapi juga berkaitan dengan panjang pendek, dan waqaf dll. Dalam hal waqaf misalnya, waqaf tebagi menjadi 4 ada waqaf taam, ada waqaf kaafi ada waqaf hasan dan ada waqaf qabih. Tergantung dari tanda tanda waqaf yg ada dalam alquran.


“Oleh karena itu pelatihan ini diharapkan dapat membantu dalam memahami itu semua, memahami tanda tanda waqaf yang ada dalam Al quran dan hukum hukum lainnya. Semoga kedepannya dapat melahirkan kader kader panrita kitta yang memiliki kemampuan membaca Al-Quran dengan baik, olehnya kami selaku pelaksana pelatihan sangat berharap diberikan ruang dan porsi oleh pemerintah Kabupaten Sinjai dalam usaha merealisasikan sehingga turut mendorong program keagaaman pemerintah yang berkaitan dengan peningkatan SDM dalam bidang keagamaan di Kab. Sinjai”… ujar Kusnadi.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 50 peserta dari 3 program studi yaitu Prodi Ilmu Al’quran dan tafsir, Prodi Komunikasi Penyiaran Islam dan Prodi Bimbingan penyuluhan Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *