Ratusan Mahasiswa FEHI IAIM Sinjai ikuti Kuliah Perdana

Sinjai. Diselenggarakan di Gedung kebanggaan IAIM Sinjai Auditorium H.M. Amir Said, Fakultas Ekonomi dan Hukum Islam IAIM Sinjai memulai kegiatan akademik di semester Genap Tahun Akademik 2019/2020 dengan melaksanakan Kuliah Perdana yang dilaksanakan pada tanggal 4 Februari 2020. Dalam kesempatan ini Dekan Fakultas Ekonomi dan Hukum Islam membuka acara ini secara resmi. Pada sambutannya, Beliau menyampaikan beberapa hal, pertama bahwa mahasiswa pada hari ini harus fokus kepada program studi yang telah dipilihnya, dalam artian bahwa literasi-literasi yang menjadi bacaan mahasiswa terkait dengan prodi dengan yang telah dipilihnya sehingga kedepan mereka memiliki pengetahuan dan skill yang mumpuni dalam bidangnya. Hal ini menjadi sebuah hal yang serius karena di lapangan mahasiswa banyak terkendala ketika ingin mengusulkan judul dan menyusun proposal skripsi terlihat kewalahan disebabkan kurangnya literasi dari mahasiswa tersebut. Kedua, persoalan kedisiplinan mahasiswa perlu diperbaiki, melirik hasil perjalanan studi banding pimpinan di Malaysia dan Singapura terlihat bahwa kemajuan yang dicapai oleh negara-negara maju karena adanya budaya disiplin yang diterapkan oleh masyarakat negara itu sendiri baik dalam hal managemen waktu maupun segi ketaatan dalam aturan.

Kuliah perdana pada saat ini dibawakan oleh Dosen Hukum Pidana Islam yakni Karina Alifiana Karunia, S.H., M.H. yang membawa materi tentang “Bagaimana Hukum di Indonesia, Sudah Adilkah ?”. dalam kuliahnya dikemukakan bahwa adil atau tidaknya Hukum dipenagurhi oleh beberapa hal diantaranya Pertama, Sistem Hukum yang berlaku di negara itu sendiri. Kedua, Para penegak aparat hukum yang di dalamnya terdapat Polisi, Jaksa, TNI dll. Ketiga, Budaya/ Kultur masyarakat.

Selain kuliah perdana, agenda rutin yang dilaksanakan setiap pelaksanaan Kuliah Perdana semester adalah penghargaan kepada Dosen dan Struktural Terbaik Fakultas selama semester Ganjil yang diberikan kepada Drs. Syarigawir, M.M (Dosen Prodi Ekonomi Syariah), Muhammad Azhar Nur, S.H., M.H. (Dosen Prodi HPI), Nurwahida, S.E., M.H.I. (Dosen Prodi Perbankan Syariah) serta Muhsin, S.Pd.I., M.Pd. (Struktural FEHI). Penghargaan ini diberikan berdasarkan penilaian mahasiswa terhadap dosen selama proses perkuliahan yang telah dilaksanakan. M.Elqhy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *