Muhammad Zulkarnain Mubhar Ujian Promosi Doktor diBidang Hadis

Ujian Disertasi Terbuka Secara Virtual, Dosen IAIM Sinjai Raih Gelar Doktornya

Published On Agustus 30, 2020

SINJAI, KNEWS – Dosen Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Sinjai, Muhammad Zulkarnain Mubhar, meraih gelar doktoralnya setelah melaksanakan Ujian Disertasi Terbuka secara virtual Program Doktoral Pascasarjana UIN Alauddin Makassar dalam bidang Dirasah Islamiyah/ Konsentrasi Hadis. Ahad (10/08/20).
Ia berhasil mempertahankan disertasinya di hadapan para penguji yang berjudul “Analisis Ta’arudh Al-Jarh Wa Al-Ta’dil dan Implikasinya Terhadap Kesahihan Hadis” dengan durasi waktu ujian selama 2 jam 30 menit. 

Ditemui usai pelaksanaan ujian di halaman Kampus IAIM Sinjai, ia menjelaskan secara singkat latar belakang dari judul disertasi yang di angkatnya.

“Karena selama ini ditemukan sejumlah hadis yang penilaian kualitas terhadapnya berbeda-beda, lebih disebabkan karena perbedaan para ulama dalam menilai seorang periwayat yang terdapat dalam sanadnya, apakah hadis itu shahih, hasan, atau dhoif,” jelasnya.
Lebih lanjut, ia menaruh harapan kepada para da’i dari berbagai ormas, serta para akademisi dari perguruan tinggi Islam. 
“Saya berharap agar keraguan terhadap ilmu-ilmu Islam, khususnya Ilmu Hadis tertepis. Di samping itu, jadikan Hadis Nabi Muhammad SAW sebagai rujukan dalam melakukan penelitian dan pengkajian, sehingga Hadis Nabi tetap membumi mendampingi Al-Qur’an dalam kehidupan manusia,” kuncinya. 
(Baso/Asrullah)

SUMBER REDAKSI: https://www.knews.co.id/2020/08/ujian-disertasi-terbuka-secara-virtual.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *